UPA PERPUSTAKAAN
POLITEKNIK NEGERI BATAM

Sejarah Perpustakaan

          Tahun 1999 menandai dimulainya persiapan pendirian Politeknik di Batam. Berawal dari permintaan Otorita Batam (OB), yang menugaskan Dr. Wendy Aritenang dan Dr. Purba Robert Sianipar untuk berkoordinasi dengan Institut Teknologi Bandung (ITB) melalui Lembaga Afiliasi Penelitian dan Industri (LAPI-ITB). Dari pihak ITB, beberapa nama yang terlibat adalah Prof. Dr. I Gde Widiadnyana Merati, Dr. Kusmayanto Kadiman, Mary Handoko Wijoyo, dan Rochhardjanto. Gayung bersambut, tim penyiapan pendirian Politeknik Batam kemudian melibatkan Moch. Prijanto (OB), Benjamin Balukh (OB), R. Hutomo (OB), Tri Novianta Putra (OB), Purnomo Andiantono (OB), Budiman Maskan (OB), Daniel Yunus (OB), Horman Purdinaung (OB), Dr. Inggriani Liem (ITB), Dr. Sarwono Sutikno (ITB), Alm. Sunarti (Politeknik Negeri Bandung), Rida Hudaya (Politeknik Negeri Bandung), Dr. Achmad Fuad Mas’ud (ITB), Uuf Brajawidagda (LAPI-ITB), Bambang Hendrawan (LAPI-ITB), M. Zaenuddin (LAPI-ITB), Nur Rahma Andayani (LAPI-ITB), Ivan Syahreza (LAPI-ITB) dan lain sebagainya.

          Selanjutnya dibentuk Yayasan Pendidikan Batam untuk menaungi Politeknik Batam dengan anggota Badan Pendiri: Ismeth Abdullah (Ketua OB), Nazief S. Dharma (Walikota Batam), Prof. Dr. Muchtar Ahmad (Rektor Universitas Riau), dan Prof. Dr. Lilik Hendrajaya (Rektor ITB). Dosen pertama Politeknik Batam berjumlah 18 orang: Uuf Brajawidagda, Bambang Hendrawan, M. Zaenuddin, Ahmad Riyad Firdaus, Muslim Ansori, Irsutami, Arniati, Hendra Gunawan, Ari Wibowo, Metta Santiputri, Deni Wardani, Heri Heryadi, Metahelgia, Iman Fahruzi, Dedi Wijaya, Daniel Sutopo Pamungkas, Budi Sugandi, dan Erik Jenjen.

UPT Perpustakaan berdiri pada tahun 2000 dengan Surat Keputusan (SK) Menteri Pendidikan Nasional pada 26 Januari 2001 bernomor 235/D/0/2000. Politeknik Batam berubah menjadi negeri (Politeknik Negeri Batam) pada tanggal 18 Oktober 2010 melalui Peraturan Menteri Pendidikan Nasional No 26 tahun 2010. Ruangan perpustakaan Politeknik Negeri Batam semula adalah terletak di lantai 1 di Gedung Utama Politeknik Negeri Batam, Parkway Batam Center, dengan koleksi yang berjumlah sekitar 8215 eksemplar. Seiring dengan pertambahan koleksi dan fasilitas yang diberikan oleh Politeknik Negeri Batam, sehingga ruangan perpustakaan sangat kecil dan kurang memadai. Maka pada akhir tahun 2010, ruangan perpustakaan berpindah ke sayap kiri Gedung Utama yang bersebelahan dengan parkir kendaraan. Ruangan ini memiliki fasilitas baca, lesehan dan ruangan multimedia, ruang diskusi dan toilet.

Layanan perpustakaan juga berkembang seiring dengan perkembangan teknologi. Pada akhir tahun 2014, UPT perpustakaan mulai melakukan otomasi layanan sirkulasi dengan RFID. Layanan peminjaman dan pengembalian sudah mandiri tanpa bantuan staf perpustakaan. Semua kegiatan sirkulasi pengunjung baik staf, mahasiswa dan dosen sudah dapat meminjam buku dengan layanan mandiri. UPT Perpustakaan bekerjasama dengan beberapa insitusi lain dalam mengembangkan layanan, diantaranya dengan Bank Indonesia dan BPS Kepri. Kerjasama UPT Perpustakaan dengan Bank Indonesia dalam memberikan layanan adalah BI Corner. Selain itu, BPS Kepri juga menyediakan Warung Gurindam dalam memberikan layanan statistik.

CONTACT US

CONNECT WITH US

  • Today's visitors:0
  • Today's page views 0
  • Total visitors 2,737
  • Total page views 4,602

UPT PERPUSTAKAAN POLITEKNIK NEGERI BATAM © 2022. ALL RIGHT RESERVED

For Your Goals Beyond Horizon